Koalisi Besar Hadang SBY


Kumpulan artikel- Sejumlah media memberitakan para petinggi partai yang tidak pro dengan SBY akan menggalang suatu kekuatan untuk menghadang laju SBY dalam menduduki kursi RI-1 kembali. Mereka adalah para elite partai yang natabene partai-partai besar yang sudah lama mengikuti pemilu dan beberapa partai baru diantaranya Partai Golkar, PDIP, PPP,PAN, Parta Hanura, Partai Gerindra. Para elite sadar jika tidak bersatu maka untuk menyaingi SBY itu sangat sulit, karena publik sudah percaya pada kepemimpinan SBY. Dari perolehan sementara menunjukan Partai Demokrat unggul dengan 20 % suara, hal ini bukan karena partai yang menjadi acuan publik. Akan tetapi figur seorang SBY-lah yang menjadi pertimbangan, apalagi slogan kampanye Partai Demokrat "Lanjutkan ". Satu kata tetapi berjuta makna ini, terbukti perolehan suara partai melonjak drastis memenuhi target suara untuk mengusung calon Presiden. Tanpa berkoalisi pun Partai Demokrat bisa mencalonkan Presiden dan Wapresnya sendiri, tapi buat memperkuat pemerintahan koalisi diperlukan untuk memperkokoh diparlemen.
Berangkat dari situlah maka para elite dari partai Golkar,PDIP,PAN,PPP,Hanura,Gerindra, bertemu untuk mengusung satu nama calon Presiden yang bisa menandingi figur SBY. Apakah ini akan terwujud ? Kita semua tidak tahu karena manuver-manuver para elite tersebut sangat sulit sekali ditebak. Mereka saling kunjung sana-sini. Padahal dari partai Golkar dan PDIP sudah jelas -jelas punya calon presiden masing-masing. Bahkan sekjen PDIP Pramono Anung mengatakan memang kami punya nama calon presiden masing-masing akan tetapi itu bisa dimusyawarahkan dalam pertemuan para petinggi partai dan nantinya hanya ada satu nama calon saja.
Kita tunggu saja apakah dalam dua hari ini koalisi besar tersebut berhasil menemukan kata sepakat, dengan satu nama calon presiden.
Itu manuver para elite politik, bagaimana dengan keputusan di tingkat bawah dari DPD-DPD masing partai sampai ke tingkat grass rout apakah menerima dengan keputusan tersebut?

About this entry

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda disini:
Google/Blogger :

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008